Friday, 27 May 2016

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan - Jambu adalah buah-buahan yang sehat nan alami. Buah yang banyak tumbuh di iklim tropis ini, punya segudang manfaat penting untuk kesehatan dan juga kecantikan terutama yang berdaging merah. Cara mengkonsumsinya pun bisa secara langsung maupun tidak langsung, seperti salah satunya dijadikan minuman atau jus yang menyegarkan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara langsung. Hal ini terbukti sudah banyak berbagai jenis penyakit yang terbukti bisa disembuhkan oleh jambu biji diantaranya, diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, types, DBD dan penyakit kudis.

Buah ini sangat populer di Indonesia, bahkan untuk mendapatkannya pun sangatlah mudah dan tidak mahal untuk membelinya. Jambu Biji banyak mengandung mineral dan vitamin yang mampu membantu tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Selain itu, buah sehat ini punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Kandungan Buah Jambu Biji
Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat didalam jambu biji

Energi 68 Kcal 3,5% 
Karbohidrat 14,3 g 11,5% 
Protein 2,55 g 5% 
Total Lemak 0.95 g 3% 
Kolesterol 0 mg 0% 
Diet Serat 5,4 g 14%

Vitamin

Folat 49 mg 12,5% 
Niacin 1,084 mg 7% 
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Pyridoxine 0.110 mg 8,5%
Riboflavin 0.040 mg 3%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2,6 mg 2%

Elektrolit

Sodium 2 mg 0%
Kalium 417 mg 9%

Mineral

Kalsium 18 mg 2%
Tembaga 0.230 mg 2,5%
Besi 0,26 mg 3%
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0.150 mg 6,5%
Fosfor 11 mg 2%
Selenium 0,6 mcg 1%
Zinc 0.23 mg 2%
Karoten-ß 374 mg
Crypto-xanthin-ß 0 mg
Lycopene 5204 mg

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Jambu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, dan dapat terhindar dari masalah kulit lebih terbaik dari krim kecantikan kulit. Hal ini karena banyaknya astringents dalam buah-buahan jambu yang (lebih banyak yang belum matang) dan pada daun. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini dengan memakan buah, untuk mengencangkan otot. Atau dengan mencuci kulit Anda menggunakan air rebusan buah dan daun jambu yang tua, untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit kendur. Selain astringents, jambu biji sangat-sangat kaya akan vitamin-A, B, C dan kalium yang merupakan anti oksidan sangat baik untuk pendetoks dan menjaga kulit bersinar dan bebas dari keriput akibat proses penuaan dan gangguan lainnya.
  2. Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
  3. Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  4. Selain itu, buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji merah terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.
  5. Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menyebabkan munculnya penyakit serius.
  6. Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji merah yaitu mangan, kandungan mangan dapat membantu dalam menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat agar nutrisi yang diserap tubuh lebih maksimal.
  7. Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.
  8. Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.
  9. Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.
  10. Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jika buah jambu biji sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion untuk kulit wajah dan tubuh.
  11. Jambu biji rendah lemak dan kalori , dan mengandung beberapa macam vitamin penting, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid, yaitu senyawa yang penting untuk pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.
  12. Buah jambu biji sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat membantu melindungi selaput lendir pada usus, dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  13. Buah jambu juga sumber vitamin-A, dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa ini dikenal memiliki sifat antioksidan, dan sangat penting untuk kesehatan. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir dan kulit gara tetap sehat. Buah jambu segar alami kaya akan karoten, yang dikenal untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut. 100 g buah jambu biji merah muda mengandung 5204 mg likopen, hampir dua kali lipat jumlahnya dari yang terdapat pada tomat. (100 g tomat mengandung lycopene 2573 ug). Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV , juga memberikan perlindungan dari kanker prostat.
  14. Jambu biji mengalahkan banyak buah-buahan lainnya dalam hal vitamin C, termasuk buah jeruk lemon dan lainnya.Konsentrasi vitamin C, akan menyebabkan kuman penyebab kudis akan berkurang dan menghilang. Vitamin C pada jambu lima kali lipat daripada Vitamin-C dalam jeruk.
  15. Fakta bahwa jambu biji membantu mengendalikan diabetes, sumber Lypocene yang mengurangi risiko kanker. Jus daun jambu sebagai obat sakit gigi, gusi bengkakl, menyembuhkan luka bila digunakan secara eksternal, kejang, epilepsi, infeksi bakteri dsb.
  16. Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.

Demikian informasi tentang manfaat dan kandungan buah jambu biji untuk kesehatan dan juga kecantikan. Semoga dapat memberikan manfaat untuk siapa saja yang membacanya. Terima kasih. Baca Juga : Ini Jawaban Penting atau Tidak Anak Usia 3 Tahun Keatas Tetap Minum Susu

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

0 comments:

Post a Comment

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)