Saturday, 19 March 2016

Benarkah Kurang Minum Air Putih Sebabkan Sakit Piinggang?

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa kekurangan minum air putih bisa membuat pinggang kita sakit? Ya, kalimat ini sering kali di ucapkan oleh berbagai kalangan. Tidak ada salahnya memang mengikuti kalimat tersebut, sebab siapa orang yang mau sakit? Kalimat tersebut juga dapat berfungsi sebagai acuan kita untuk terus memperhatikan asupan minum dalam setiap harinya. Mengenai kebenaran kalimat tersebut bagaimana? 

Benarkah Kurang Minum Air Putih Sebabkan Sakit Piinggang

Dilansir dari Liputan6, Sabtu (19/3/2016), Setidaknya masih banyak orang yang tidak mengerti kebenaran dari kurang minum menyebabkan sakit pinggang, dimana sakit pinggang merupakan salah satu tanda telah terjadi gangguan pada ginjal. Hal ini ternyata tidaklah benar, sebab butuh waktu yang lama hingga terjadi gangguan pada ginjal. 

Menurut Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH dari Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa "tidak ada kaitannya sakit pinggang dan kekurangan air. Artinya kalau kurang air bukan ginjal kita yang langsung terganggu karena membutuhkan waktu yang lama bagi air untuk bisa mengganggu ginjal."


Sakit pinggang itu biasa terjadi pada orang dengan batu ginjal yang menyumbat kandung kemih atau ureter. Sehingga kasus ini tidak dapat dikaitkan dengan kurang minum seseorang yang mengidap sakit pada bagian pinggangnya. 

Sampai saat ini masih banyak mitos-mitos yang dianggap benar oleh masyarakat Indonesia, salah satu diantaranya adalah kurangnya minum air dapat menyebabkan sakit pinggang. Hal yang serupa diungkapkan oleh Prof. Parlin bahwa dirinya akan mengupas fakta mengenai air secara science serta melakukan pendidikan untuk masyarakat agar bila ada orang mengatakan sesuatu tentang air dia bisa merujuk ke buku "Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi' Pungkasnya.

Benarkah Kurang Minum Air Putih Sebabkan Sakit Piinggang? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

0 comments:

Post a Comment

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)