Wednesday, 16 March 2016

5 Tanda-tanda Tubuh Kita Kekurangan Asupan Cairan

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Cairan - Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh., dimana ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Saat tubuh kekurangan asupan cairan, tubuh akan memberikan tanda-tanda seperti sakit kepala serta nafas berbau tak sedap. Pada umunya, ketika kita kurang minum air putih akan terasa haus. Sehingga sering kali jika kita tidak merasakan haus, kita cenderung memilih untuk tidak minum. Padahal kurang minum tidak hanya ditandai dengan rasa haus saja.

5 Tanda-tanda Tubuh Kita Kekurangan Asupan Cairan
Gambar credit : medicalnewstoday.com

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita hampir terdiri 85% berbentuk cairan. Cairan ini berfungsi untuk memperlancara sistem metabolisme didalam tubuh, mengatur suhu tubuh, memperlancar peredaran darah, membuang racun, menjaga kelembaban kulit, serta mengatur kinerja otot. Nah, berikut ini adalah tanda tanda tubuh ketika sedang mengalami kekurangan asupan cairan atau kurang minum yang perlu Anda ketahui. Yuk simak dibawah ini!

1. Merasa Cepat Lapar
Padahal sudah makan, tapi kok terus menerus terasa lapar? Bisa jadi Anda tidak lapar, namun sebaliknya Anda kehausan. Sebab, kadang kala otak kita kesulitan untuk membedakan antara sinyal lapar dan haus. Nah, untuk itu, ketika Anda mengalami hal demikian, cobalah untuk minum terlebih dahulu sebelum makan.

2. Sering Kelelahan
Bila tubuh tidak tercukupi dengan cukup asupan cairan, tubuh akan lambat dalam metabolisme untuk menghemat energi dan sumber daya. Hingga akhirnya, kondisi ini akan membuat Anda merasa cepat capeg, mengantuh dan kelelahan hingga merasa letih dan lesu.


3. Kulit Terasa Kering
Kulit merupakan bagian penting dari sebuah penampilan, banyak orang mengidam-idamkan untuk bisa memiliki kulit putih, mulus dan tidak kering. Setiap orang rela untuk melakukan berbagai jenis perawatan agar bisa mendapatkan kulit impiannya. Sehingga sering kali ketika kulit mengalami kekeringan dan bersisik dapat membuat seseorang kehilangan percaya diri. Jika Anda mengalami kulit kering dan bibir pecah-pecah, padahal cuaca tidak panas, bisa jadi itu menjadi salah satu tanda Anda kurang minum air putih.


4. Mulut Berbau Tak Sedap
Bau mulut yang tidak sedap bisa menjadi sebuah bencana bagi kita. Tidak hanya mengganggu orang-orang yang berada di dekat kita, namun kita bisa dijauhi dan dicemooh oleh orang-orang yang kita ajak bicara karena timbul bau yang tidak sedap saat kita berbicara. Ketika tubuh tidak memiliki asupan air yang cukup dan mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak akan bisa menghasilkan cukup air liur. Padahal fungsi dari air liur sangatlah penting, seperti untuk melindungi gigi dari bakteri jahat yang dapat merusak kesehatan gigi. Berkurangnya produksi air liur didalam tubuh mengakibatkan berkembangnya bakteri secara pesat dan membuat nafas menjadi berbau tak sedap.


5. Sering Sakit Kepala
Sakit kepala terus menurus dan tidak ada alasan, bisa jadi adalah karena tubuh mengalami dehidrasi. Ketika Anda mengalami hal demikian, cobalah untuk meminum segelas air putih sebelum Anda minum obat. Setelah itu, tunggulah kira-kira 10 menit, kemudian usahakan untuk makan. Jika memang sakit kepala Anda disebabkan karena dehidrasi, maka rasa nyeri sakit kepala akan segera hilang.

Nah, demikian 5 tanda tanda tubuh ketika mengalami kekurangan asupan cairan, semoga kita semua lebih peka terhadap gejala dan gangguan kesehatan ini. Sehingga kita semua lebih jeli lagi untuk memperhatikan betapa pentingnya tubuh kita terkait kebutuhan minum air putih. 

5 Tanda-tanda Tubuh Kita Kekurangan Asupan Cairan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

0 comments:

Post a Comment

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)