Friday, 18 March 2016

4 Jenis Program Diet Yang Sedang Ngetrend di Indonesia

Trend menurunkan berat badan melalui pengaturan pola makan atau diet saat ini banyak sekali nama jenis dan macamnya, beberapa diantaranya ada yang nama nya diet Mayo, OCD, diet golongan darah serta food combining. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, tentu rasanya nama-nama ini sangat aneh atu asing. Namun siapa sangka, jika keempat nama dari diet tersebut sedang menjadi tren masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan keempat nama tersebut juga cara menurunkan berat badan yang paling banyak di cari berdasarkan hasil pencarian Google Internet sepanjang tahun 2015 silam.

4 Jenis Program Diet Yang Sedang Ngetrend di Indonesia

Sukses menurunkan berat badan memang erat kaitannya dengan mengatur pola makan kita selama tiap harinya atau yang biasanya disebut dengan diet. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan nama-nama dan jenis diet di dunia. 

Efek yang dihasilkan memang sering kali berbeda pada tiap-tiap orang, namun diet-diet ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu populer dikalangan masyarakat Indonesia dan banyak di cari tahu oleh mereka yang menginginkan bentuk tubuh yang langsing, ideal dan hidup sehat. 

1. Diet OCD

Diet ini pertama kali di populerkan oleh Deddy Corbuzier, ia adalah salah seorang mentalis terpopuler di Indonesia. Sejak pertama kali muncul, pola makan Obsessive Corbizier's Diet (OCD) atau yang lebih akrab ditelinga dengan sebutan diet OCD sudah sangat populer. Keberhasilan diet yang masih konroversial ini bahkan menjadi topik yang paling banyak di cari di mecin pencarian Google sepanjang tahun 2015 silam.

Methode dari diet ini dapat dikatakan cukup sederhana. Dimana Anda hanya perlu menggunakan "jendela makan", sebagai contoh Anda memilih jendela makan 6 jam, maka Anda hanya diperbolehkan untuk makan makanan berat hanya pada rentang 6 jam tersebut. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak makan berat tapi masih bisa diperbolehkan untuk minum air putih.

2. Diet Golongan Darah

Diet golongan darah adalah jenis pengaturan pola makan yang menyesuaikan menu makanan seseorang dengan golongan darahnya. Menurut beberapa penelitian terdapat reaksi kimia antara darah dan makanan.

Diet jenis ini dikatakan dapat membantu seseorang memilih makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Pilihan makanan ini sangat beragam, mulai dari yang bermanfaat bagi tubuh, bersifat netral dan makanan yang sebaiknya dihindari. 

a. Golongan Darah A

Golongan darah A adalah orang-orang yang berasal dari kelompok petani. Maka sangat disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran. Golongan darah jenis ini sangat sulit mencerna protein dan lemak yang berasal dari hewan. Karena berasal dari kelompok masyarakat agraris, ada baiknya Anda mengonsumsi sayur-sayuran atau menjadi vegetarian.

Selain itu, pemilik golongan darah A lebih baik Anda mengganti sumber protein dari daging menjadi kacang kedelai atau gandum. Golongan jenis juga sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan organik karena itu dapat membantu sistem imunitas tubuh.

b. Golongan Darah B

Orang yang memiliki golongan darah B adalah orang-orang yang berasal dari daerah pegunungan. Untuk itu, makanan terbaik bagi pemilik golongan darah ini adalah daging yang berasal dari peternakan, kecuali ayam. Ayam justru tidak baik, sebab dapat menyerang sistem daya tahan tubuh pemiliki golongan darah B. Selain itu, daging ayam juga dapat meningkatkan resiko terserang stroke bagi golongan darah B.

saran terbaik bagi Anda yang memiliki golongan darah B adalah sebaiknya menghindari makanan jagung, gandum, tomat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sebab, makanan tersebut sangat sulit dicerna oleh tubuh yang memiliki golongan darah B dan dapat menyebabkan kegemukan.

c. Golongan Darah O

Orang-orang yang memiliki golongan darah O disebut-sebut sebagai orang yang berasal dari kalangan pemburu. Dan oleh karena itu, makanan yang cocok untuk mereka adalah daging merah dan protein hewani.

pemilik golongan darah ini, selain lebih baik mengonsumsi daging merah mereka juga sangat disarankan untuk memperbanyak asupan dari ikan laut. Begitulah menurut pakar gizi dan diet. Selain itu, pemilik golongan darah O juga memiliki kadar asam lambung yang lebih banyak dibanding pemilik jenis golongan darah lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya menghindari makanan yang mengandung banyak gas seperti kol dan makanan yang di fermentasikan.

d. Golongan Darah AB

Golongan darah ini sangatlah unik. Sebab pemilik golongan darah AB membutuhkan penangan khusus, termasuk soal asupan makanan. Pemilik golongan darah ini memiliki karaktar asam lambung sedikit seperti golongan darah A. Namun, disisi lain mereka juga punya kemampuan beradaptasi yang lebih baik untuk daging seperti pemilik golongan darah B. Makanan yang harus dihindari oleh pemilik golongan darah AB adalah kafein dan alkohol. Serta sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan laut dan sayuran hijau.

3. Diet Mayo

Cara melakukan diet mayo adalah dengan cara mengatur pola makan sehari-hari dengan terdiri dari makanan tinggi protein dan rendah kalori. Menu diet mayo sangatlah beragam, mulai dari aneka sayuran buah-buahan, dan makanan yang mengandung tinggin protein. Cara diet mayo yang beredar di masyarakat adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kalori 500-800 per hari.

Sedangkan di Indonesia, cara diet ini biasanya di lakukan dengan cara memilih menu makanan tanpa karbohidrat dan garam. Sebab, didalam tubu karbohidrat ataupun garam dapat mengikat air. Oleh sebab itu, jenis diet ini diyakini tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan garam akan membantu menurunkan berat badan berkurang karena kehilangan air dalam tubuh.

4. Food Combining

Food Combining adalah mengatur asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alami tubuh kita, khususnya sistem pencernaan. Diet jenis ini sangat berbeda dengan diet-diet populer lainnya, sebab diet food combining tetap dapat membuat kita makan enak sampai kenyang tapi tubuh semakin sehat dan langsing.

Methode yang digunakan dalam diet food combing adalah menggunakan pola makan 4 sehat, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan namun tidak dikonsumsi dalam jangka yang bersamaan atau satu jam setelah dan sebelumnya. Methode ini juga menekankan kondisi basa dalam tubuh ketika mengonsumsi makanan. Sebab, dalam keadaan ini diyakini sistem pencernaan akan berfungsi dengan baik.

Bagi Anda yang sedang atau pernah menjalankan program diet, jenis mana yang telah Anda gunakan.  Silahkan berbagi pengalaman dengan kami melalui kotak komentar dibawah ini. Demikian artikel tentang jenis-jenis diet yang sedang trend di Indonesia yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

4 Jenis Program Diet Yang Sedang Ngetrend di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

0 comments:

Post a Comment

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)