Wednesday, 10 June 2015

Wanita Kerja Malam Hari Rentan Kena Kanker Payudara

Perempuan yang bekerja pada malam hari selama lebih dari 30 tahun sangat rentan 2 kali lebih tinggi terkena kanker payudara, daripada yang tidak bekerja pada malam hari. Demikian hasil penelitian sejumlah ahli asal Kanada seperti dilansir dailymail

Benarkah Wanita Yang Kerja Malam Hari Lebih Rentang Kena Kanker Payudara

Tim peneliti dari Kanada ini melakukan penelitian terhadap 1.134 wanita yang pelum pernah terdiagnosa menderita kanker payudara. Hampir sepertiga dari mereka pernah bekerja pada malam hari, entah sebagai tenaga medis, pramugari maupun resepsionis hotel.

Baca Juga : Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

Para peneliti lalu membagi kelompok berdasarkan kategori lamanya waktu bekerja pada malam hari 0-14 tahun, 15-29 tahun dan lebih dari 30 tahun. Hasilnya, seperti yang dimuat oleh laman British Medical Journal, perempuan yang bekerja pada malam hari selama kurang dari 30 tahun tidak berisiko mengalami kanker payudara. Namun, jika mereka bekerja selama lebih dari 30 tahun, kata para peneliti, resiko itu naik dua kali lipat.

Mengapa perempuan yang bekerja pada malam hari ini lebih berisiko terkena kanker payudara?


Menurut tim peneliti ini, faktor penyebab masalah seritus itu adalah cahaya buatan (artificial light). Cahaya buatan ini mengganggu proses kimiawi dalam tubuh, yang pada gilirannya memicu pertumbuhan tumor.

Masalahnya adalah bahwa pada siang hari pun banyak orang bekerja di bawah cahaya buatan atau dekat dengan cahaya buatan. Dan orang-orang seperti ini berisiko lebih kecil terhadap serangan kanker payudara. 

Bagaimana bisa cahaya buatan itu memicu munculnya tumor atau kanker?


Para ilmuwan ini menjawab bahwa hanya cahaya buatan pada malam harilah yang memicu munculnya kanker payudara karena cahaya buatan itu mengganggu siklus alamiah tubuh untuk beristirahat dan ritme hormon. 

Cahaya buatan ini menekan produksi melatonin dan memicu produksi hormon ekstrogen secara berlebihan, yang pada akhirnya menyebabkan munculnya kanker. Melatonin adalah hormon yag melindungi tubuh dari kanker.

Hanya saja, hasil penelitian sejumlah ilmuwan dari Kanada ini belum diterima secara resmi dan diakui kebenarannya oleh ilmuwan dan dokter di seluruh dunia. 

Menurut Dr. Jane Green dari University of Oxford, bukti-bukti yang ditunjukkan para ilmuwan asal Kanada ini belumlah cukup. “Sekalipun ada bukti yang menghubungkan peningkatan resiko kanker payudara dengan pekerjaan dimalam hari, bukti-bukti itu belumlah cukup. 

Dengan demikian, penelitian ini belumlah cukup untuk dijadikan pesan tentang bahaya bekerja pada malam hari” katanya.

Wanita Kerja Malam Hari Rentan Kena Kanker Payudara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

2 comments:

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome gan...secepatnya di posting lagi artikel terbarunya....

      Delete

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)