Saturday, 23 May 2015

Berapa Jumlah Liter Air Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari?

Artikel kali ini masih mengupas tentang manfaat minum air putih, dimana kita semua tidak pernah lepas dari yang namanya minum air putih setiap harinya. Fungsi dan manfaat putih ini tidak dapat digantikan dengan jenis minuman apapun. Artikel kali ini membahas tentang berapa banyak jumlah air yang perlu kita minum dalam setiap hari? atau Berapa sih jumlah kebutuhan tubuh kita terhadap air setiap harinya?

Berapa Jumlah Liter Air Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari?

Air yang kita minum atau zat air yang berasal dari berbagai jenis makanan dan juga minuman yang kita konsumsi setiap hari akan membantu proses metabolisme tubuh kita, membantu proses pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, mengeluarkan racun, mempertajam ingatan pada otak manusia dan masih banyak lagi manfaat dan fungsinya bagi kita.

Berapa Banyak Air Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Manusia?
Setiap hari anda selalu bernafas, mengeluarkan energi, buang air kecil dan buang air besar dan bahkan secara rutin setiap hari ada atau tidak ada aktivitas. Dan ini semuanya adalah hasil dari manfaat air putih yang anda minum. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan pasokan air yang cukup setiap harinya. Agar organ vital dalam tubuh anda dapat berfungsi dengan baik, dan racun yang ada didalam tubuh tidak mengendap dan segera dikeluarkan dalam bentuk keringat, urine dan kotoran lainnya. 

Institute of Medicine mengungkapkan bahwa kebutuhan asupan air orang dewasa pria antara 3 liter atau setara dengan 13 gelas (cangkir), sedangkan untuk wanita dewasa antara 2.2 liter setara dengan 9 gelas (cangkir) setiap harinya. 

Namun hal ini bukanlah patokan yang pasti, karena sebenarnya kebutuhan air pada tubuh manusia itu berbeda-beda, hal ini dibedakan pada beberapa tingkat :

1. Aktivitas Sehari. Setiap orang memiliki kegiatan dan aktivitas yang tidak sama. Para olahragawan akan lebih banyak mengeluarkan keringat dan cepat haus, sehingga terkadang jumlah liter air yang diminumnya mungkin lebih banyak dengan mereka yang memiliki aktivitas duduk di kursi atau kantoran. Begitu pula dengan mereka yang kerja kasar atau buruh di panasan, mereka lebih rentan dan banyak membutuhkan air untuk diminum setiap harinya.

2. Iklim Dan Cuaca Tempat Tinggal. Faktor iklim juga sangat mempengaruhi kebutuhan asupan air pada tubuh manusia. Sebagai contoh orang yang tinggal di iklim panas, tentu akan lebih cepat merasa haus dan banyak minum air putih dibanding mereka yang tinggal pada iklim dingin. 

3. Kondisi Tubuh. Selain kedua faktor tersebut, faktor kondisi tubuh juga bisa mempengaruhi kebutuhan asupan air minum pada tubuh manusia. Orang yang sakit terkadang lebih banyak membutuhkan minum air putih, dibanding dengan orang yang sehat. Ini dimaksudkan untuk mengganti cairan yang keluar lebih banyak dibandingkan orang yang sehat.

4. Faktor Lain. Selain ketiga diatas, tentunya masih ada fakor lain yang dapat mempengaruhi seseorang untuk lebih banyak minum air putih, atau membutuhkan minum air. Ibu hamil dan juga menyusui juga terkadang banyak membutuhkannya. Karena ibu hamil dan menyusui lebih banyak mengeluarkan cairan dari tubuhnya. Selain itu ada juga faktor usia, faktor makanan yang dimakan dan beberapa faktor lainnya yang tentunya memungkinkan untuk membutuhkan asupan air.

Begitu banyak peranan penting dari air minum untuk tubuh kita, ternyata bukan hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, pada sebuah penelitian menunjukkan orang yang cukup asupan air atau cukup minum setiap harinya akan terlihat lebih awet muda dibanding dengan mereka yang kurang minum air.

Setiap sistem anggota tubuh kita membutuhkan air agar berjalan dengan baik dan normal, seperti kulit pada tubuh kita juga membutuhkan asupan air. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan menjadi lebih kusam dan tampak kering. Itu sebabnya air sangat penting bagi tubuh manusia.

Namun perlu kita pahami, bahwa tubuh kita membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, tubuh yang sehat tidak hanya dibutuhkan air yang cukup namun pola hidup, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Minum air putih saja tidak cukup, anda harus menyeimbangkan semuanya agar berjalan dengan berfungsi dengan baik.

Selain dengan minum air putih, anda juga dapat memenuhi kebutuhan asupan air pada tubuh dengan makan buah-buahan yang mengandung air, seperti apel, semangka, pir, tomat, wortel, jeruk dan lain sebagainya. Selain mengandung banyak air, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi bagi tubuh, sehingga dapat membantu kebutuhan tubuh terhadap perbaikan sel.

Ada banyak buah-buahan yang banyak mengandung air dan juga vitamin B yang dapat membantu proses metabolisme karbohidrat tubuh, lemak dan juga protein. Sehingga anda tidak hanya mencukupi kebutuhan asupan air bagi tubuh tetapi juga menjaga terhadap penuaan dini dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Tips Minum Air Putih Setiap Hari Agar Sehat Dan Aman
  • Minumlah air putih secara rutin setiap hari minimal 2 liter atau 8 gelas air
  • Atur jarak minumnya. Jangan langsung minum, usahakan jangan menunggu anda merasa haus. Tapi minumlah air putih seperti setelah makan, sebelum makan, pada pagi hari, sebelum tidur.
  • Jangan langsung minum air putih banyak dalam sekali minum. Tapi lebih baik minum sedikit demi sedikit namun cukup bagi tubuh anda
Apakah artikel ini bermanfaat? Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka jangan sungkan untuk bantu share agar lebih banyak lagi manfaatnya bagi orang lain.

Berapa Jumlah Liter Air Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: widiyanti cantik

2 comments:

> Silahkan tinggalkan komentar Anda
> Untuk sahabat blogger, silahkan blogwalking dengan cara meninggalkan komentar Anda, kami akan segera berkunjung kembali ke blog Anda
> Dilarang berkomentar dengan meninggalkan link hidup (Kami akan hapus)